.

Kamis, 19 Juni 2014

Unified Modelling Language (2)

Menurut Dharwiyanti (2009), Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem. Lebih lanjut, menurut Nugroho (2010), UML adalah bahasa pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang berparadigma berorintasi objek.
Adapun macam-macam diagram UML (Unified Modelling Language) menurut yang dipakai penulis dalam menggambarkan alur prosesnya adalah sebagai berikut  (Whitten, Bentley, Ditman, 2007):
1.        Use Case Diagram
       Diagram yang menggambarkan interaksi antara sistem dengan eksternal sistem dan pengguna. Dengan kata lain, secara grafis menggambarkan siapa yang akan menggunakan sistem dan dengan cara apa pengguna mengharapkan untuk berinteraksi dengan sistem. Use case secara naratif digunakan untuk secara tekstual menggambarkan sekuensi langkah-langkah dari setiap interaksi. Berikut ini adalah fungsi dari simbol yang ada di use case diagram:
Contoh Use Case Diagram klik disini

2.        Activity Diagram
   Activity diagram adalah sebuah diagram yang dapat digunakan untuk menggambarkan secara grafis aliran proses bisnis, langkah-langkah sebuah use case atau logika behavior (metode) objek. Adapun fungsi dari simbol-simbol yang ada pada activity diagram adalah sebagai berikut:
Contoh Activity Diagram klik disini

3.        Sequence Diagram
   Sequence diagram digunakan untuk menggambarkan perilaku pada sebuah scenario. Diagram ini menunjukkan sejumlah contoh object dan message (pesan) yang diletakkan di antara obyek-obyek ini di dalam use case. Komponen utama sequence diagram terdiri atas objek yang dituliskan dengan kotak segiempat bernama Message diwakili oleh garis dengan tanda panah dan waktu yang ditunjukkan dengan prograss vertical. Adapun simbol-simbol sequence diagram adalah sebagai berikut:
Contoh Sequence Diagram klik disini

4.        Class Diagram
     Class diagram adalah diagram yang digunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam sistem/perangkat lunak yang sedang kita kembangkan dimana diagram ini memberikan kita gambaran (diagram statis) tentang sistem dan relasi-relasi yang ada di dalamnya. Adapun fungsi dari simbol yang ada pada class diagram adalah sebagai berikut:
Contoh Class Diagram klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS POPULAR