.

Sabtu, 15 Juni 2013

Konsep Dasar Internet

Pengertian Internet
Internet merupakan contoh jaringan terbesar yang menghubungkan jutaan komputer yang terbesar di seluruh dunia dan tidak terkait pada suatu organisasi, dalam hal ini, jaringan tersusun atas berbagai jenis komputer dan sistem operasi, supaya bisa berhubungan dengan internet seoranga pemakai dapat mengakses komputer yang telah terkoneksi ke internet yang telah berlangganan pada sebuah ISP (Internet Service Provider), ISP adalah organisasi komersial yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa ke internet (Kadir, 2003).
Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila Anda bekerja dalam Internet, di antaranya yaitu:
a.         WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat ditemukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
b.        Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
c.         Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs web tertentu. Diumpamakan halaman web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.
d.        Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web.
e.         Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.

HyperText Transport Protocol (HTTP)
HyperText Transport Protocol (HTTP) adalah sebuat protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server (Chris Shiflett, 2010). HTTP merupakan standard komunikasi yang digunakan untuk mentransfer halaman dalam sebuah situs. Mendefinisikan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan (Kenneth C, Jane P, 2007).

Aplikasi Web
Applikasi web dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu web statis dan web dinamis (Kadir dan Triwahyuni, 2005):
1.        Web Statis: adalah aplikasi web yang berisi atau menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis (tetap). Disebut statis karena pengunjung tidak dapat berinteraksi dengan web tersebut. Pada web statis pengunjung hanya dapat melihat isi dokumen pada halaman web. Web statis biasanya menggunakan pemrograman web HTML dan tidak memiliki database.
2.        Web Dinamis: adalah aplikasi web yang menampilkan informasi serta dapat berinteraksi dengan pengunjung dengan menggunakan form sehingga dapat mengolah informasi yang ditampilkan. Web dinamis biasanya menggunakan pemrograman web PHP dan memiliki database untuk menyimpan informasi, seperti MySQL.

Web Server
Web Server adalah suatu perangkat lunak atau program (dan juga mesin yang menjalankan program) yang mengerti protokol HTTP dan dapat menanggapi permintaan-permintaan dari web browser yang menggunakan protokol. Web Server yang terkenal di antaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan web server antar platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Microsoft Windows saja (Widodo, 2005).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS POPULAR