.

Senin, 23 Juni 2014

RDMS, Spesifikasi Database dan Matrik CRUD

Berikut adalah ulasan tentang RDBMS (Relational Database Management System), Spesifikasi Database dan Matriks CRUD (Create, Read, Update dan Delete) beserta dengan referensinya.

1.  RDBMS (Relational Database Management System)
Menurut Jogiyanto (2008) database relational adalah database yang didasarkan pada hubungan antara data-data yang dikandungnya. Database disimpan dalam tabel dan tabel mengandung data yang berhubungan atau entity, misal orang, produk, pesanan, dan  lain sebagainya.  Tujuannya adalah menjaga tabel tetap kecil dan dapat dikelola serta entity-entity yang terpisah disimpan di dalam tabel-tabel yang tersendiri.
Jogiyanto (2008) mengatakan bahwa RDBMS secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu sistem dimana data dilihat oleh penggunanya hanya sebagai tabel dan operator yang digunakan oleh pengguna, misalnya tabel kota diambil dari tabel karyawan yang mempunyai entitas berupa id_kota dan nama_kota agar tabel kota dapat dikelola dengan terpisah dari tabel karyawan. Contoh dari RDBMS klik disini

2.  Spesifikasi Database

Menurut Jogiyanto (2008) Spesifikasi Basis Data menggambarkan struktur data fisik pada suatu sistem atau aplikasi. Spesifikasi basis data menyajikan bagaimana penyimpanan data dilakukan di software basis data. Bentuk dari spesifikasi basis data sendiri secara umum berupa tabel yang menyajikan informasi field untuk seluruh tabel yang digunakan. Informasi field yang ditampilkan antara lain nama field, tipe field, panjang field dan field yang menjadi field kunci (primary key).
Secara sederhana, untuk membuat spesifikasi basis data dapat menggunakan Microsoft Word atau Open Office Writer. Informasi tabel dan field berasal dari hasil analisis sistem berupa class diagram. Dari spesifikasi basis data kemudian membuat struktur tabel di suatu DBMS seperti MySQL atau Oracle.
Adapun contoh dari spesifikasi database adalah sebagai berikut:


Nama Field
Tipe data
Ukuran
Keterangan
Username
Varchar
25
Nama user
Password
Varchar
25
Password
Id_level
Int
2
Id level
NIK
Varchar
15
Nomor Induk Karyawan

3. Matriks CRUD (Create, Read, Update dan Delete)

CRUD (Create, Read, Update, Delete) matrix adalah matrix yang digunakan untuk memetakan requirement data pada lokasi dalam sistem, (Whitten at, al 2007: 359). 
Menurut Whitten (2007) matriks CRUD merupakan matriks yang menyediakan pemeriksaan kualitas sedrhana yang lebih mudah dibaca dari pada model data atau proses. Tentu saja, error dan penghapusan seharusnya dicatat dalam matriks dan dalam model data dan juga proses untuk menjamin sinkronisasi yang sesuai.

_________________________________________________________________________________________

Mau cari jam tangan termurah tanpa harus keluar rumah? 
Sudah cek "JasMart" belum...

Kamu bisa menemukan jam tangan branded, dengan harga nyungsep. Promo beli 1 gratis 1 dan banyak lainnya. Segera dapatkan dan beli produk sebelum kamu tidak kebagian…

 _________________________________________________________________________________________


Contoh matriks CRUD sebagai berikut:


Location


Entity ­Attribute
Pembukuan
Nasabah
Admin
Nasabah
-
-
-
Id_nasabah
-
CRU
CRUD
Profile
-
CRU
CRUD
Produk
-
-
-
Id_product
R
R
CRUD
Name
R
R
CRUD
Detail
R
R
CRUD



1 komentar:

  1. saya lagi cari sistem database .. dimedan ada kantornya g?? kalau ada kasih alamat dan nomor yg bs dihubungin donk.. thanks

    BalasHapus

NEWS POPULAR