.

Kamis, 20 Juni 2013

Metode Penelitian Sistem Informasi


Penelitian merupakan terjemahan dari kata dari bahasa inggris yaitu research. Dari itu, ada juga ahli yang menerjemahkan research sebagai riset. Research itu sendiri berasal dari kata re, yang berarti “kembali” dan to search yang berarti mencari. Dengan demikian, arti sebenarnya dari research atau riset adalah “mencari kembali”.
Penelitian adalah pencarian atas sesuatu (inquiry) secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan (Nazir, 2005).

Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data adalah prosedur yang sistematis dan standar untuk memperoleh data yang diperlukan. Pengumpulan data merupakan suatu proses pengadaan data primer yang diperlukan dalam melakukan penelitian (Nazir, 2005).
Secara umum metode pengumpulan data dapat dibagi menjadi tiga kelompok (Nazir, 2005), yaitu metode pengamatan langsung, metode dengan menggunakan pertanyaan dan metode khusus. Sedangkan menurut Jogiyanto (2008), teknik pengumpulan data dalam pengambilan sampelnya dibagi menjadi 7 antara lain teknik observasi, wawancara dan studi waktu serta gerak (dilakukan secara pengamatan langsung di studi kasus dan di lapangan), teknik eksperimen dan simulasi (dilakukan secara pengamatan langsung untuk mendapatkan data laboratorium), teknik survey (dilakukan untuk mendapatkan data opini individu), teknik delphi (dilakukan untuk mendapatkan data opini grup), teknik analisis (dilakukan untuk mendapatkan data arsip primer), teknik pengambilan basis data (dilakukan untuk mendapatkan data arsip sekunder), teknik model matematik    (dilakukan secara analitikal untuk mendapatkan data logik periset)
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.        Observasi
Observasi merupakan teknik atau pendekatan untuk mendapatkan data primer dengan cara mengamati lagsung obyek datanya (Jogiyanto, 2008). Sedangkan menurut Nazir (2005), pengumpulan data dengan observasi langsung atau pengamatan langsung adalah cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut. dari kedua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa observasi merupakan teknik untuk mengambil data dengan menggunakan data visual dengan mengamati obyek penelitian secara langsung.
2.        Wawancara
Wawancara adalah komunikasi dua arah untuk mendapatkan data dari responden (Jogiyanto, 2008). Wawancara dapat berupa wawancara personal (tatap muka langsung dengan responden), wawancara intersep (responden dipilih di lokasi umum), dan wawancara telepon. Sedangkan menurut Nazir (2005), wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab, bertatap muka antara pewawancara dengan penjawab atau responden dengan menggunkan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara).
3.        Studi Pustaka
Studi pustaka merupakan suatu teknik pengumpulan data atau analisis data dengan cara memperoleh informasi dari penelitian terdahulu, tanpa memperdulikan sebuah penelitian menggunakan data primer atau sekunder, apakah penelitian tersebut menggunakan penelitian lapangan ataupun laboratorium atau museum.
4.        Studi Literatur Sejenis
Studi literatur merupakan kegiatan menelusuri literatur yang ada serta menelaahnya secara tekun. Dengan mengadakan survey terhadap data yang telah ada, peneliti harus mencari teori-teori yang telah berkembang dalam bidang ilmu yang diteliti, mencari metode-metode serta teknik penelitian, baik dalam pengumpulan data atau dalam analisis data yang pernah dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu (Nazir, 2005). Selain itu, peneliti juga harus memperoleh orientasi yang lebih luas dalam permasalahan yang dipilih serta menghindari terjadinya duplikasi yang tidak diinginkan.

Metode Pengembangan Sistem
Metode pengembangan sistem adalah metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem yang akan dibuat oleh penulis. Metode  ini mensyaratkan penyelesaian tiap proses secara satu per satu sehingga lebih mudah dimengerti.
Silahkan klik link berikut untuk melihat artikel tentang Sistem Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS POPULAR